Universitas Gunadarma
Fakultas Ilmu komputer dan teknologi informasi
Nama: Ridony Armansyah
NPM: 17113631
Jurusan: Sistem Informasi
Pengertian,
Tujuan, ISD dan IPS
A. Pengertian, Tujuan ISD dan IPS
1. Pengertian ISD
ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah
sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia,
dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai
bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi
Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial
dan Sejarah) MK.
ISD
merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan
pengetahuan dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala2
sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa
dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan
mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
2. Tujuan ISD
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan
kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri
kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan
sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta
sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan
secara timbal balik.
3. 3 Kelompok Ilmu
Pengetahuan
1. Ilmu-ilmu
Alamiah ( natural scince ) : Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal
ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku
mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan
suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini
lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah.
2. Ilmu-ilmu
sosial ( social scince ) : ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan
yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya
tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam
hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
3. Pengetahuan
budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat
unik, kemudian diberi arti.
B. ISD dan IPS
1. Perbedaan ISD dan IPS
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
·
Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan
Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
·
Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu
Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk
sekolah lanjutan).
·
Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,
sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan
ketrampilan intelektual.
2. Persamaan ISD dan IPS
Adapun persamaan antara keduanya adalah :
·
Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
·
Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
·
Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah
sosial.
C. Ruang Lingkup ISD
Tiga golongan bahan pelajaran ISD :
1. Kenyataan maslah
dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social
tertentu.
2. Konsep-konsep social
tentang kenyataan social berbatasan dengan konsep dasar atau elemnter saja yang
diperlukan untuk mempelajari masalah social yang di tuangkan dalam Ilmu
Pengetahuan Sosial
3. Masalah-masalah yang
muncul di dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda
sumber :
opini
: Menurut
pendapat saya bahwa pemerintah indonesia masih kurang peduli terhadap keadaan
pendidikan yang sedang sulit misalnya pemerintah belum memberikan dana bantuan
ke sekolah yang tempatnya rusak sehingga pihak sekolah harus mengajarkan dengan
fasilitas seadanya maka dari itu disinilah bahwa penerapan ilmu pengetahuan dan
teknologi indonesia masih kurang. Sekian pendapat saya mohon maaf apabila ada
kesalahan kata dalam opini ini.
Komentar
Posting Komentar